Jangan Salah Jurusan Kuliah



Hai Guys... kali ini saya mau berbagi tips untuk kalian yang baru atau sudah lulus SMA dan mau lanjut ke jenjang yang lebih tinggi. Dari siswa menjadi mahasiswa. Asik~
Sudahkah kalian menentukan jurusan untuk kuliah nanti? Dan sudahkah kalian mendiskusikannya dengan kedua orang tua? Dunia perkuliahan dan segala kawan-kawannya sangat menarik untuk dibahas, dan pastinya sangat berbeda dengan dunia SMA. Tiap tahunnya ribuan siswa naik pangkat menjadi mahasiswa. Banyak jalur masuk yang tersedia untuk yang mau mendapatkan kursi mahasiswa di universitas pilihannya.
Bingung mau masuk jurusan apa? bingung mau masuk PTN atau PTS? Jangan tunda waktu untuk memikirkan hal ini. Karena apa yang kalian pikirkan dan putuskan sekarang tentu saja berpengaruh untuk masa depan kalian nantinya. Sepertinya tidak perlu banyak kalimat lagi, silakan disimak.
JANGAN SAMPAI SALAH JURUSAN
Kata-kata itu yang harus diperhatikan ketika mau berlanjut ke jenjang kuliah. Pikirkan  baik-baik apa yang kamu suka, apa cita-cita kamu, pelajaran apa yang paling mengasyikkan bagi kamu. Tidak perlu ikut-ikut teman, pacar, atau sahabat. Ketahui apa tujuan kamu melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah.
Sekedar contoh, jika kalian ingin mendesain atau mengkonsep keseluruhan rumah, tata kota, kalian bisa memilih jurusan arsitektur. Jiika kalian lebih menyukai hitungan dan bangunan, kamu bisa memilih jurusan Teknik Sipil. Tentu saja ada perbedaan diantara 2 jurusan itu. Kapan-kapan akan saya posting perbedaannya ^^ (maklum mahasiswi arsitektur). Perbincangkan dahulu dengan orangtua, apakah mereka akan mengizinkan kalian berkuliah di daerah jauh atau ada syarat-syarat tertentu,.
Jangan lupa untuk menentukan di universitas mana kalian akan menggantungkan pendidikan kalian, berusahalah untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri. Karena biayanya masih dibantu pemerintah sehingga tidak terlalu mahal. Browsing juga akreditasi, keunggulan universitas. Selain untuk mencari cadangan juga bisa membantu kalian menentukan prioritas. Tentukan cadangan jangan hanya PTN saja, seperti yang tadi sudah saya bilang tentang PTN, pasti peminatnya banyak, carilah info tentang kampus swasta, tidak semua kampus swasta itu tidak bagus. Jaman sekarang sudah banyak kampus swasta yang setara kualitasnya dengan negeri. (saya merasa topik pembicaraan ini sudah kemana-mana -_-)
Kembali tentang jurusan kuliah, bagaimana jika tidak mendapat kursi di PTN pilihan? Coba PTN lain tapi dengan jurusan yang sebelumnya tidak kamu lirik? Bila kamu sanggup silakan saja. Menurut pengalaman saya dahulu, banyak teman saya yang tidak berhasil menembus ujian masuk PTN, alasannya karena banyak peminat dan dari ribuan peminat itu pasti banyak yang lebih pintar dan lebih matang persiapannya. Jadilah terpikir “masuk jurusan apa ajalah, yang penting PTN.” Hati-hati jika berpikir seperti itu, korek lagi tujuan kamu kuliah untuk meraih cita-cita dan kesuksesan atau untuk pamer kuliah di kampus negeri?
Tidak perlu memaksakan diri kuliah di PTN jika tidak ada jurusan yang sesuai passion kamu, jika memang orang tua sangat mengharapkan kamu kuliah di PTN, carilah info jurusan di PTN tersebut, mungkin ada yang ‘klop’ dengan hati kamu. Fatal jika kuliah salah jurusan, tidak hanya kehilangan minat untuk kuliah, tentu juga hanya menghabiskan uang dengan percuma. Susah masuk kuliah, susah juga lulus dan wisudanya :>
Jadi intinya untuk memilih jurusan itu, salah satunya adalah lihat pelajaran yang kalian suka, tapi jangan jadikan satu-satunya acuan. Kenali diri kamu sendiri, ketahui minat dan bakat kamu, jangan malas untuk mencari informasi tentang perkuliahan, coba cari tahu bidang apa yang membuat kamu tertantang, yang akan membuat kamu rela mempelajari, mengulik dan mengorek bidang itu, tidak perlu berpikir “kuliah A nanti kerjanya apa?” “prospek kerjanya gimana?” “gajinya seberapa?” Percayalah, rezeki tiap orang itu sudah diatur oleh Allah. Tergantung diri kita mau berusaha menggapai sukses atau tidak.
Maaf jika postingan ini kurang lengkap informasinya, kurang detail penjabarannya. Kamu bisa mencari info di artikel lainnya untuk menambah wawasan kamu. Terima kasih sudah membaca.

"Education is the ability to listen to almost anything without losing your temper or your self-confidence." - Robert Fros


Comments