Pentingnya Pendidikan Bela Negara



Indonesia merupakan negara yang kaya, keragaman suku bangsa, keragaman umat beragama, dan melimpahnya sumber daya alam di bumi Indonesia. Maka dari itu setiap warga negara wajib menjaga dan membela negara Indonesia.
Bela negara adalah sikap turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan berbangsa dan bernegara, usaha pembelaan negara merupakan hal penting dilakukan oleh warga negara karena untuk mempertahankan negara dari berbagai ancaman serta menjaga keutuhan wilayah negara.
Dalam video ditampilkan pada durasi awal yaitu keindahan alam indonesia, berbagai perbedaan suku bangsa dan kedamaian antar umat beragama untuk menunjukkan hal-hal itulah yang harus kita jaga dan kita pertahankan dalam sikap bela negara. Sebuah negara akan berdiri tegak jika dibela dan dipertahankan oleh setiap warga negaranya.
Banyak yang bertanya, pentingkah Pendidikan Bela Negara? Jawabannya adalah Ya! Pendidikan Bela Negara sangat penting untuk tiap individu, muda maupun tua agar negara yang ditinggali menjadi tertib, aman dan tenteram.
Salah satu contoh dalam usaha pembelaan negara yaitu ikut serta dalam perang , karena dalam wujud bela negara tersebut diperlukan jiwa patriotisme dan mampu menjaga kedaulatan negara yang ada, maka dalam pembuatan video ditampilkan bagaimana kekuatan dan usaha prajurit militer Indonesia dalam mempertahankan kedaulatan negara Indonesia tanpa rasa takut dan gentar. Karena tiap bangsa berhak mendapat hak yang sama dengan yang lainnya yaitu kemerdekaan.
Potongan-potongan video perang yang ditampilkan diharap mampu menyadarkan warga negara bahwa sasaran Pendidikan Bela Negara ialah melahirkan individu yang cinta tanah air, sehingga waspada dan siap membela tanah air Indonesia terhadap segala bentuk ancaman yang bisa membahayakan kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Menumbuhkan rasa sadar berbangsa Indonesia yang selalu  membina kerukunan, persatuan, dan kesatuan di lingkungan keluarga, pemukiman, pendidikan, dan pekerjaan. Pribadi yang Sadar bernegara Indonesia yaitu sadar bertanah air, bernegara dan berbahasa satu yaitu Indonesia, mengakui dan menghormati bendera Merah Putih, Lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta mentaati seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Membela negara dengan turut serta dalam peperangan juga menunjukkan sifat rela berkorban untuk bangsa dan negara, yaitu rela mengorbankan waktu, tenaga,pikiran, dan harta baik benda maupun dana,untuk kepentingan umum, sehingga pada saatnya siap mengorbankan jiwa raga bagi kepentingan bangsa dan negara.
Dalam lingkup sederhana , usaha bela negara tidak hanya mencakup usaha dalam melindungi negara dari perlawanan negara lain, tetapi juga melakukan kegiatan positif dan mengandung pesan moral seperti mengenang jasa pahlawan, kegiatan pramuka, upacara bendera dan lain sebagainya.



Comments