Senado Square, Macau


Senado Square dibangun pada 1918 untuk menghubungkan Praira Grande dengan pelabuhan. Lapangan dengan air mancur ini dulunya kerap digunakan oleh pemerintah kolonial untuk menunjukkan kekuatan dan kekuasaan militer mereka. Bangunan-bangunan yang ada di Senado Square berlekuk khas Portugis, menjulang megah di kanan kiri lapangan. Sebagian besar bangunan berwarna pastel. Macau yang menjadi daerah administrasi khusus dari China sejak Desember 1999 ini, memang bekas jajahan Portugis. Senado Square atau Senate Square atau dalam bahasa Portuguese "Largo do Senado" merupakan salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi pelancong di Macau. Lantai dan jalan dibuat dari batu berpola gelombang yang sangat cantik.

Jejak sejarah di Senado Square memang sangat terasa dari arsitektur bangunan yang didominasi gaya Portugis yang sempat menjajah Makau. Pada awal 1990, otoritas setempat memperkerjakan beberapa ahli dari Portugis untuk menghiasi Senado Square dengan mosaik gelombang bermotif batu-batu berwarna. Sejak saat itu, daerah ini menjadi tempat yang populer untuk kegiatan budaya di Makau. Bangunan-bangunan di sekitar Senado Square memiliki sejarah panjang sehingga hingga kini tidak ada perubahan apapun terkait dengan fasad bangunan. Bangunan-bangunan neo-klasik bercampur dengan kemegahan arsitektur modern menarik wisatawan. Senado Square telah dibangunkan pada 1918 untuk menghubungkan Praira Grande dengan pelabuhan.
Selain pertokoan, disini juga terdapat Gereja St. Dominic. Pada tahun 1940, kawasan ini berdiri sebuah patung prajurit Portugis bernama Mesquita. Dialah yang bertanggungjawab atas kematian tentara China selama peperangan dengan Dinasti Qing (1644-1911). Namun sejak dihancurkan oleh orang-orang China,  kini patung tersebut sudah berganti dengan air mancur. Inilah alasan kawasan Senado Square sering juga disebut “The Fountain” atau “air mancur”. Saat masih dikuasai Portugis, kawasan Senado Square merupakan tempat sebagai ajang untuk memamerkan kekuatan militer.

Senado Square seperti jalan sentral atau alun-alun di Macau. Jalanannya beraspal dan banyak akses ke beberapa jalan lainnya. Ditutupin oleh bangunan khas Portugis seperti Kantor Pos, Bank Macau, Gereja St. Dominic, dan bisa menuju ke Reruntuhan St. Paul. Menurut info, Senado Square ini masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO karena merupakan bagian dari Sejarah kota Macau.
Senado Square adalah salah satu tempat publik di Macau (alun-alun) dan termasuk kedalam 4 alun-alun terbesar di Macau dengan luas 3,700 meter persegi. Nama alun-alun lainnya adalah Praça do Centro Cultural, Praça do Lago Sai Van, dan Praça do Tap Seac). Tahun 2005 yang lalu, Senado Square masuk dalam daftar UNESCO's World Heritage sebagai pusat sejarah di Macau.



Sumber :

Comments

Post a Comment