Cerita Mengobati Jerawat ke Dokter Spesialis Kulit


Holla~
Di sini aku mau cerita perjalananku (cielah perjalanan) tentang treatment pimples di wajahku, ehehe *ketawa miris* agak canggung sih ceritain ini karna pasti kan harus nyertain gambar sebelum treatment yang pastinya ‘hancur’ banget, hiks. Tapi aku berharap ceritaku ini bisa membantu kalian di luar sana yang mengalami masalah yang sama kaya aku.
Kulit aku itu kan sensitif, kombinasi dan acne-prone yaah, aku pernah cerita Pengalaman Menghilangkan Jerawat (Review Skincare) produk apa aja yang udah pernah aku coba dan hasilnya hmm bikin ngelus dada, akhirnya aku coba dateng ke dokter spesialis kulit di rumah sakit sama Ibu. Dokter spesialis kulit yang aku pilih itu di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat, Tangsel. 

Untuk dokter aku gak terlalu pilih-pilih sih karena ya belum tau review dokternya gimana muehe rumah sakit juga aku pilih disitu ya karena itu yang paling deket sama rumah ehehe, hari itu aku dateng pas jadwal praktek Dr. Dewi, awalnya aku bingung gimana mau jelasin pas ditanya ada keluhan apa sama dokternya, rasanya tuh kepengen nunjuk muka sambil pasang ekspresi “ini dok, liatin aja muka saya hiks” tapi akhirnya Ibu yang bantuin jelasin hohoho. Sama dokternya diperiksa, disinarin lampu kekuningan gitu tapi gak diapa-aoain cuma buat liat kondisi kulitnya sama disentuh sama dokternya buat liat kulitnya itu ada parut-parut atau engga.

Dokternya jelasin setelah periksa kulit aku untuk penyembuhan pimples itu gak sebentar, harus sabar, bisa sekitar 3 bulanan atau lebih. Setelah pimplesnya hilang pun harus treatment untuk bekas-bekasnya, aku dilarang untuk begadang, maksimal tidur jam 10 malam, karena makin malam kulit kita itu semakin ngeluarin minyak, aku juga disuruh jaga makan, jangan makan telur, kacang, coklat. Bener-bener gak boleh L

ternyata sama dokter Dewi ini Cuma dikasih 1 Facial Wash, 1 Night Cream, 1 Acne gel, semuanya pure obat atau racikan apotek, katanya aku belum perlu obat oral, dan konsul 2 minggu lagi untuk liat apa kulitnya ok sama krim dan dosisnya. Sip deh, untuk harga ternyata gak terlalu mahal, total sama biaya konsul dokter dan biaya pendaftaran RS sekitar 350ribuan.

Night Cream tretinoin 0.05 %
Erymed Gel
Facial Wash
Night cream atau Acne cream yang dikasih itu ada kandungan tretinoin, aku agak takut awalnya karena pernah baca bisa bikin purging tapi emang ampuh untuk pengobatan pimples, dokter dewi juga udah wanti-wanti kalo pemakaian awal pasti purging dulu atau pimplesnya keluar semua, setelah itu kering, baru berkurang. Okelah, daripada gak kepake. No pain, no gain kan? Beauty is pain!

Night Cream
Untuk awal-awal aku dikasih yang kadar tretinoinnya paling rendah yaitu 0.025 %, ini cream racikan gitu antara tretinoin dan obat lain yang aku gak paham (maapin ya L). Teksturnya gak cenderung kental, dan warnanya kuning. Pas dipakai sih dia gak nge-hydrate kulit gitu, malah kaya keset tapi berminyak wkwk. Aku pakainya dioles tipis ke seluruh muka (sama dokter yang dulu di spot jerawat aja). Deg-degan asli, takut bangun tidur besok muka aku udah gak bisa dikenalin -_-

Ternyata tidak hoho pas bangun gak ada efek samping apa-apa, dipakai semaleman juga gak perih atau panas jadi aku lanjut tiap malem, dan paginya aku pakai acne gel dari dokternya juga. Satu minggu pakai night cream ini ya emang jerawat muncul, tapi aku gak tau itu tuh jerawat purging atau engga karena aku emang selalu jerawatan LOL

Dua minggu kemudian aku balik lagi untuk konsul, dan bener obat-obatnya cuco meong di kulit aku jadinya dilanjut dosisnya gak ada yang diubah. Selanjutnya disuruh konsul sebulan sekali aja atau pas obatnya abisBeberapa lama pakai krim malam ini aku notice kalau kulit aku jadi kering yang tadinya oily. Waktu itu abis wudhu terus touch up bedak tabur lah jadi ada putih-putih kaya sisik di pipi. Kulitnya mengelupas. Nah karena kulit jadi kering dan mengelupas itu, jerawat cepet kering, bekas-bekas jerawat jadi lebih pudar, keliatan juga kalau kulit aku jadi lebih putih. Pastinya jadi cepet merah kalau kena panas matahari 

Facial Wash
Sabun cuci mukanya juga dari racikan dokter, 100 ml sekitar 70 ribuan waktu itu. Teksturnya mirip banget sama merk Phisohex, bening, gak kental, gak berbusa dan gak ada baunya. Padahal waktu itu aku udah perhitungan banget sama harga phisohex 100 ml hampir 30 ribu, ini malah 70 ribu wkwk yaudala.

Pakai ini juga cocok, gak bikin kulit aku yang udah kering karena krim malam jadi makin kering. Lumayan lembab dan bikin halus. Tapi ya nothing special, karena yang merk macam Phisohex atau Cetaphil pun akan begini hasilnya.

Erymed – Acne Specific Cream
Ini juga sebenernya obat apotek karena komposisinya dari zat tertentu untuk menyebuhkan bakteri penyebab jerawat. Ada 2 macam tekstur, krim dan gel. Mungkin karena takut kulit aku makin kering ngelupas kaya ular jadinya dikasih yang krim dulu, agak berminyak jadinya pas dipakai. Apalagi kalau cuci muka, berasa pait-paitnya krim ini luntur ke mulut L

Cream ini juga bagus, dia kaya bekerja sama dengan krim malemnya. Beda cara kerja tapi punya tujuan yang sama. Asek. Kalau zat di cream atau salep ini lebih ke-membunuh si bakteri penyebab jerawatnya, dan si tretinoin di krim malam itu lebih ke memicu regenerasi sel kulit biar gak numpuk di kulit terus jadi jerawat dan kata dokternya mengurangi kadar minyak.
Erymed Gel dan Cream
Selama hampir 6 bulan berobat ke dokter spesialis kulit, dosis krim malem aku yang tadinya tretinoin 0.025 lama-lama dinaikin jadi 0.05%, salep jerawat (erymed) yang paginya juga diganti sama yang tekstur gel dan itu jadi gak berminyak kaya pakai yang krim. Facial washnya sama terus gak ada yang berubah.

Jerawat jadi jarang muncul, tiap cuci muka aku ngerasain kulit aku mulus, banyak juga yang bilang agak bersih, gak mentul-mentul merah lagi di pipi (I’m so happy J) walaupun teteup bekas jerawat yang bandel masih rada keliatan. 

Masuk sekitar bulan januari, salep jerawatnya di ganti jadi zelface. Pakainya ditotol di jerawatnya.
Nah sayangnya produk ini di aku kurang nendang, dia Cuma meringankan warna kemerahan jerawat, tapi si doi masih aja setia di pipi. Aku kira mungkin karena hormon PMS, aku gak minta ganti obat deh tiap konsul (karena ngira itu tuh hormone). Lama-lama banyak kecil-kecil merah dan ninggalin bekas. Jadinya disaranin untuk treatment medical peeling atau EPL (penyinaran dengan cahaya) untuk ilangin bekas jerawatnya.

Jadi aku mau kasih liat foto saat proses treatmentnya dulu. Siap-siap ya LOL


Kemudian aku treatment medical peeling di awal bulan februari 2017, sebelum peeling gak boleh paka cream malam dulu 2 hari sebelumnya, prosesnya itu ya wajah aku dibersihin dulu (karena pakai bedak tabur) terus diolesin sama cairan peelingnya di seluruh muka. Awalnya dingin karena obatnya ditaro di kulkas, tapi dokternya ngasih aku kipas kecil untuk dipegang diarahin ke muka… gak lama langsung zzzz panas banget ini cairannya dimuka -_- aku lupa dioles berapa kali.. ada mungkin 5 menit dioles baru dilap cairannya sambal terus dikipasin (kipasnya gak berasa sumpeh)

Treatment peeling ini juga ada obat-obat pendampingnya, obat minum, salep iritasi, dan gak boleh pakai cream malam dulu jadi diganti gitu cream nya sama obat racikan yang baunya khas obat antibiotic. Gak boleh juga langsung kena air.. pokoknya kulit aku langsung merah, kenceng gitu dan gak boleh diapa-apain wkwk. Total untuk treatment ini sekitar 700ribu.

Krim racikan pengganti krim malam
Salep untuk kulit iritasi atau kering setelah Peeling
Salep jerawat pengganti Erymed dan Zelface
1 minggu kemudian setelah peeling beneran berasa kulit aku kaya ketarik karena kering, terus mengelupas. Gak mengelupas parah kaya ular sih hehe terus aku biarin aja karena udah dikasih tau sama dokternya. Sampe sekitar 2 minggu kulitnya gak mengelupas lagi, tapi ya tetep ada jerawat-jerawat merah kecil di pipi. Jerawatnya tuh yang lama kering gitu dan gak ada putih-putihnya -_-


Aku lanjutin minum obat antibiotiknya, pakai pengganti krim malamnya, dan salep iritasinya kalau lagi mengelupas parah. Kemudian… lama kelamaan.. makin banyak L kulit aku kaya balik lagi ke masa lalu (apasi LOL) dan sepertinyaa aku BREAKOUT.


Comments

  1. Sepertinya ga ada perubahan sis. Hiks...bGaimana dengankuuu

    ReplyDelete
  2. Ke Dokter juga cocok-cocok an sist. Walaupun bayarnya mahal kalau tidak cocok tidak akan menyelesaikan masalah. Cuman kalau dokter aman, tidak bakal dikomplain sebagai penipu kalau produknya tidak cocok dengan penggunanya. hehehe.

    ReplyDelete
  3. Jadi kelanjutannya gimana dong😭

    ReplyDelete
  4. Penasaran banget lanjutannya gimana

    ReplyDelete
  5. Sama banget jerawat nya kek aku. Tapi aku ga ke dokter karena gada duit, hikss
    Dah pakai ini itu ga ilang juga
    Capek sama kondisi kulit gini :(

    ReplyDelete
  6. Aku lebih parah dari kamu sist :'( dan pengeeennn banget ke dokter kulitt, tapi posisi masi di rantau, bpjs d rumahz harus nunggu setengah bulan lagi, capek oy sm keadaan kek gini, bikin ga oede sumpahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa bisa berobat jerawat pakai bpjs??

      Delete
  7. Ke dokter kulit kisaran kena harga berapa?

    ReplyDelete

Post a Comment