Ilmu Sosial Dasar (Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup)

Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang masalah-masalah yang ada pada kehidupan sosial, dengan menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi dan psikologi sosial.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar
a). Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b). Membantu mengembangkan wawasan dan kepribadian agar memperoleh pemikiran yang lebih luas.
c). Berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia – manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial adalah ilmu yang mencakup segala aspek dalam kehidupan dimulai dari sifat individu, interaksi antar individu, individu antar kelompok, bahkan kelompok antar kelompok.
Hingga dalam interaksi tersebut terjadi konflik, tidak hanya masalah, tetepi juga komunikasi yang menimbulkan hubungan timbal balik. Ilmu sosial bukan hanya mempelajari interaksi atau hubungan timbal balik antar individu, tetapi juga mempelajari bagaimana memecahkan kasus masalah yang terjadi diantara individu. Karena dalam kehidupan adalah tidak mungkin jika kita tidak mempunyai masalah.
ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
Berbagai masalah kependudukan dalam hubunganya dengan pengembangan masyarakat dan kebudayaan.
Masalah Individu, keluarga dan masyarakat
Masalah pemuda dan sosialisasi
Masalah hubungan antara Warga Negara dan Negara
Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
Masalah masyarakat perkotaan dan masalah pedesaan.
Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.


(Sumber : http://unsurbudaya4ka38.blogspot.com/2013/10/rangkuman-ilmu-sosial-dasar.html | http://galangwpatria.blogspot.com/2012/01/pengertian-tujuan-ilmu-sosial-dan-ilmu.html )



 

Comments