Betawi + Sunda = Aku

My family my wealth

Hello... It's me... *backsound : Adele (Hello)*
.
.
Husstt !! HAHA galau mulu ckck
Apa kabar bloggreader?
Karena satu dan dua hal (*re : tugas kewarganegaraan) kali ini aku akan bercerita panjang lebar tentang kebudayaan keluargaku. Tak apalah sekali-sekali pamer budaya keluargaku yang keturunan Jerman dan Spanyol ~ <- imajinasi, abaikan.

Pertama mari kita perkenalan dulu, tak kenal maka tak sayang. Udah lama kenal tapi gak disayang (*apasih* *baper*) Udah kenal? yaudah gak ada ruginya kok lebih kenal lagi. okey, brace yourself !
Namaku... yang di akte kelahiran, KTP, KTM, KK : Sheilla Yogapinzi Burwana.
Namanya aneh? Artinya apa? Kok namanya gitu? Udah sering kok denger pertanyaan itu kalau lagi sesi perkenalan :') Apalagi kalau nyebutin nama anggota keluarga yang lain kaya nama kakakku ; Shendy Yossa Burwana, dan kakakku udah punya anak namanya Rafandy Satya Burwana.

"IH KELUARGA BURWANA YA?????"

Padahal nama Bapak dan Ibu gak ada 'burwana' nya sama sekali... :') namaku dan kakakku adalah hasil karya kedua orang tuaku yang meleburkan(?) potongan-potongan nama mereka jadi satu. It's oke, nama adalah doa harapan kedua orang tua ^^
Panggil aja aku Sheilla ya. Tapi temen sekolah atau kuliah ada yang panggil "Shei" "Sheil" "Shei-shei" "Sel" "Sela" atau "Kuproy". itu yang panggilan terakhir apa banget... :"| Tapi gakpapa, boleh panggil apa aja kok, panggil Raline Syah juga aku seneng.
Oke, oke... Sekarang aku cerita tentang keluargaku. Aku itu campuran darah betawi dan sunda. Tapi sundanya itu dikiiiiiiiiit sekali. Awalnya, Alm. kakek dari pihak ibu itu orang Tasikmalaya, hijrah ke kota (sekarang Pamulang - Tangerang Selatan ) dipertemukan *asek* sama Alm. nenek yang adalah asli Pamulang, mereka menikah lalu lahir Ibuku. Beranjak dewasa, ibu aku dipertemukan *asek* sama bapak aku yang juga asli Pamulang, mereka menikah lalu lahir kakakku. Jadi... intinya aku itu gak punya kampung halaman :' kalau lebaran ya kunjungan ke keluarga bapak di Pamulang (mudik) cukup bermodal naik motor atau angkutan umum bayar 3000. Muehehehe
Nah karena Tangerang selatan itu deket-deket jakarta, ya pasti masih kentel budaya betawi. Makanya, aku itu dominan betawi, eh tapi sundanya masih keliatan juga sih.
Etnik betawi ini nih yang berasa banget, ditambah lagi Bapak nambahin perlente - perlente khas betawi di rumah. Nih....

Hanging Lamp di Teras
Pintu Rumah
Kursi tamu di teras
Duh itu sapu dan lap nya narsis... Maafkan aku yang terlalu malas pindahin mereka *meringis*
Sering liat kan benda-benda itu? otentik banget sama budaya betawi, yang kepengen banget banget banget ada furniture itu di rumah juga Bapak. Ibu, kakak, dan aku cuma iya-iya aja hahaha
Bagian dalam rumah ya gak ada yang khusus atau apa, biasa aja.. gak modern, gak etnik juga wkwk.
Khas betawi yang terasa sih menurut aku yaa bagian depan rumah itu tadi, sisanya kaya kebiasaan keluarga aku biasa aja (?) Oh.. paling makanan kesukaan, kaya nasi uduk, semur gitu gitu... Dua makanan itu kan bisa dibilang makanan khas betawi. Tapi karena ibu dan bapak dua-duanya kerja jadi ya gak ada yang masak, gak ada yang makan juga.. Lebih sering beli makan deh hahaha (aku anak kos yang di kosan makan mie, di rumah juga makan mie) *miris*

Orang betawi ngomongnya 'nyablak'...? hmm kembali ke habit tiap personalnya juga sih, kalau di keluarga aku (bapak, ibu, kakak, aku) ya emang yang paling 'nyablak' itu bapak ehehe *maapin pak* tapi serius deh kalau bapak lagi sensi... susah bedain itu kata-kata marah atau bercanda, serba salah euy, serem -_- Nah... yang beda itu kakak aku, kaaaaaleem banget. Aku aja yang cewe kalah tenangnya sama dia, jadi malu...
Ibu sama aku... yah biasa.. kalem kalau di depan orang yang belum terlalu kenal, kalau kenal deket yaudah cerewet khas cewe huehehe. Jadi belum tentu ya semua orang betawi itu 'nyablak', ya emang dominan sih... (SIH)

Ups... Waktu terus bergulir... Kuota terus menipis... Kita sampai disini aja yah <- kalimat rawan baper
See you in next posting ! (*re : next tugas)


Comments

Post a Comment