Penulisan - Fenomena Warga Negara Indonesia


Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah pulau yang sangat banyak. Meskipun tidak semua pulau berpenghuni, tetap saja Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak tersebar dari Sabang hingga Marauke. Dengan banyaknya jumlah penduduk itu tentu saja banyak pula permasalahan yang terjadi. Mulai dari sosial, politik, hukum, ekonomi dan agama. Dari segi hukum yang menjadi kebiasaan warga Indonesia adalah tidak mentaati peraturan. "Peraturan dibuat untuk dilanggar" begitulah slogan yang sekiranya cocok. Dibuat peraturan yang melarang membuang sampah sembarangan dengan tujuan mencegah terjadinya banjir saat musim hujan tetapi warga melanggarnya dan ketika rumahnya terkena musibah banjir meminta pertolongan dan menyalahkan pemerintah.
Pada sisi sosial dan ekonomi, yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Hal tersebut memicu warga yang kurang mampu untuk berbuat nekat untuk melakukan tindak kejahatan dan semakin banyak kalangan yang terjun ke dunia politik karena dianggap memiliki pendapat yang menjanjikan. Sayangnya yang sudah menjadi politikus terkadang tetap tidak puas dengan pendapatan yang diraih, mulailah menambah pundi-pundi uang dengan merugikan negara.
Dari semua yang terjadi, dapat dilihat bahwa warga negara Indonesia adalah warga yang sulit diatur, terlepas dari latar belakang pendidikan tinggi atau rendah.
Sebanyak apapun penduduk suatu negara, sebanyak apapun perbedaan karakter tiap individu dan keadaan sosial, ekonomi juga agama hal yang terpenting adalah suatu ketaatan.
Warga negara yang taat akan peraturan negaranya sendiri maka membuat kemajuan untuk negara tersebut.

Comments